Rabu, 07 Desember 2011

Tips Agar Ngga Cepet Lupa alias PIKUN

dizaman sekarang mulai banyak orang-orang kena penyakit mudah lupa.
nah, saya mau bagi tips biar kita ngga cepet lupa.


1. BERI OTAK KITA MAKANAN yang SEHAT
JANGAN TERLALU BANYAK MAKAN JUNK FOOD ! Kalau banyak makan junk food, maka otak kita jadi sampah juga. Lemak dalam makanan berkadar lemak tinggi bisa berimbas buruk pada sinaps otak. Sinaps itu adalah bagian yang menghubungkan neuron otak dan penting untuk belajar serta mengingat. Untuk menyehatkan bagian ini, makan banyak-banyak ikan salmon, buah kiwi dan semua makanan yang mengandung asam lemak omega-3. makanya jangan sering-sering makan makanan atau minum minuman yang serba instan.

2. OLAHRAGA
Olahraga itu penting, karena olahraga bisa meningkatkan daya ingat, berpikir lebih jernih dan mengurangi risiko penyakit kognitif. Soalnya olahraga akan mengurangi tekanan pada tubuh, memompa energi lebih banyak ke otak. Aktivitas ini juga memicu pelepasan bahan kimia yang menguatkan neuron. Cukup setengah saja setiap hari. Jangan lupa lakukan peregangan otot terlebih dahulu. Ingat ya... Olahraga jangan kalau disekolah sama Pak NONO nan ganteng aja...

3. OLAH OTAK
Contoh olah otak yang mudah dilakukan itu adalah mengisi TTS dan maen game. Aktivitas ini menstimulasi otak sehingga otak kita terlatih untuk mengingat-ingat selalu alias tidak malas berpikir. Semua itu membuat sistem otak kita selalu siap bekerja kapan saja, tidak mogok. makanya, yang suka maen game sama ngisi TTS bersyukurlah, karena kita udah ngolah otak kita. tapi jangan keseringan juga... kasian tugasnya terlantar...

4. TRIK MEMORI
Lumayan mirip sama yang di atas, kegiatan ini membiasakan kita mengingat-ingat dan mengontrol daya ingat. Membuat prediksi juga bisa membantu proses daya ingat. Latihan ini berguna sebab kadang saat kita punya suatu ide, kita lupa data-data lain yang bisa mendukung ide tersebut.

5. ISTIRAHAT
Meskipun otak kita genius banget, kalau dipakai terus juga bakal cape. Makanya beri istirahat yang cukup agar kelak bisa bekerja lebih baik lagi. Sebuah studi mengatakan, tidur 90 menit di siang hari bisa membantu kinerja otak.


nah gimana ?? mulai sekarang ayo kita bantu otak kita...
otak kita itu aset yang ngga akan pernah kebeli loh....



Balgies Devi Fortuna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar